Siaran Pers

11/06/2023    by Admin    Roemah Indonesia

Hari ini Sabtu 10 Juni 2023, telah terjadi kerjasama strategis yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman strategis (MoU) antara Ekosistem ExportHub dengan Roemah Indonesia B.V. (RIBV). Penandatanganan ini sebagai langkah penting dan strategis dalam mengakselerasi produk lokal Indonesia ke pasar Eropa. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Kantor Pusat ExportHub.id, Great Western Resort, Tangerang, Banten, pada Sabtu, 10 Juni 2023 yang dihadiri langsung oleh CEO Roemah Indonesia Suryo Tutuko yang bermarkas di Belanda dan Managing Director ExportHub.id Ekosistem Amalia Prabowo.

Kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendukung pelaku usaha lokal dalam menghadapi tantangan dan mengoptimalkan peluang di pasar Eropa. ExportHub.id sebagai ekosistem yang menghubungkan para eksportir ke global buyer, selalu berupaya meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar Eropa. Managing Director ExportHub.id, Amalia Prabowo, menyatakan komitmen untuk memberikan dukungan holistik dan komprehensif kepada SDM dan produk-produk Indonesia untuk siap berkompetisi di pasar Eropa. ExportHub.id juga memastikan memberikan pendampingan melekat bagi kelancaran proses ekspor ke Eropa melalui kerja sama yang erat dengan RIBV.

"Kami percaya bahwa kolaborasi strategis ini akan memberikan manfaat nyata bagi para pelaku usaha lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui ekspor produkproduk unggulan kita ke pasar Eropa," tegasnya. Sebagai langkah penetrasi tersebut, tidak hanya melalui saluran pemasran konvensional Exporthub.id juga turut menyediakan dukungan berupa layanan digital marketing. Kerjasama strategis ini juga akan dikembangkan lebih jauh dengan merangkul pelajarpelajar Indonesia di Belanda untuk menjadi bagian dalam percepatan pemasaran melalui jalur digital commerce seperti Tiktok dan optimalisasi E commerce lokal. Direktur AeXI, Divera Wicaksono, menyatakan bahwa kerja sama ini memberikan kesempatan bagi para eksportir muda Indonesia untuk memperluas dan memperkuat jangkauan pasar dan memasukkan produk-produk berkualitas dari Indonesia kepada radar konsumen/importir di Eropa. "Antusiasme kami terhadap kerja sama ini sangat tinggi. Melalui kerjasama ini, kami akan berkomitmen dan berupaya semaksimal mungkin untuk menghadirkan produk-produk unggulan Indonesia ke Eropa,” ujarnya. Pihak RIBV pun menyambut baik kerja sama ini. CEO RIBV, Suryo Tutuko, menyatakan kesiapannya membantu memperluas pasar dan meningkatkan daya saing bagi produk lokal Indonesia di pasar Eropa.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan ExportHub.id, yaitu dengan salah satu unit bisnisnya, PT AeXI, dalam rangka memperkuat salah satu visi dan misi kami selama ini yaitu menguatkan eksistensi produk-produk Indonesia yang berkualitas tinggi di Eropa. Kerjasama ini juga akan mengembangkan potensi membuka jalur digitalisasi pemasaran berskala global ," tuturnya.

Potensi Ekspor ke Eropa Kerja sama ini berlandasakan atas potensi ekspor Indonesia ke Eropa yang sangat besar. Eropa adalah salah satu mitra perdagangan utama Indonesia dan merupakan pasar yang signifikan bagi berbagai produk Indonesia. Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, jumlah ekspor Indonesia ke Eropa pada tahun 2018 dengan komoditas-komoditas nonmigas mencapai US$7,41 miliar. Dengan jumlah populasi masyarakat Eropa yang mencapai lebih dari 700 juta orang, Indonesia tentu harus mengambil kesempatan untuk menggenjot ekspor komoditas-komoditas dan produk unggulan dalam negeri. Melihat catatan ini menunjukkan bahwa Eropa menjadi pasar yang bagus bagi Indonesia untuk mengakselerasi produk-produk unggulan Indonesia ke pasar internasional.

Sekilas Tentang RIBV Roemah Indonesia BV atau RIBV adalah platform yang didirikan di Belanda, yang fokus menyediakan layanan dan produk-produk lokal unggulan Indonesia seperti kerajinan, fashion, makanan dan minuman, dan lain-lain. RIBV adalah perusahaan yang memiliki jaringan luas di industri perdagangan dan distribusi di Belanda. Dengan pengalaman bertahun-tahun, mereka telah membantu banyak perusahaan internasional memasuki pasar Eropa dengan sukses. Tentunya, kerja sama ini akan membuka pintu pasar, memperkenalkan produk lokal Indonesia, dan memfasilitasi perdagangan antara kedua belah pihak. Sekilas tentang ExportHub.id Ekosistem ExportHub.id adalah karya anak bangsa. Berawal dari kesadaran akan perkembangan dahsyat di ranah digital dan media sosial, EH memahami bahwa dunia kini tanpa batas. EH tergerak untuk membawa produk-produk Indonesia masuk ke dalam radar perdagangan. EH berkomitmen untuk membangun sebuah ekosistem ekspor berbasis digital yang menyediakan layanan dari hulu hingga hilir. Semua layanan EH akan memudahkan para pemangku kepentingan dalam mengakselerasi ekspor produk-produk unggulan Indonesia. Layanan satu atap dalam ekosistem ExportHub.id adalah jalinan kuat untuk menjawab tantangan terbesar dalam rangkaian perjalanan mewujudkan transaksi ekspor, yaitu sumberdaya manusia yang memahami prinsip digitalisasi dan e-commerce, akses luas menuju pembeli-pembeli potensial dari mancanegara, pembiayaan, hingga logistik.

Recommendation


Gallery





Subscribe for Updates!

We'll keep you informed!